Berita

Gunung Ibu Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 1.500 Satuan Pengukuran

9
×

Gunung Ibu Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 1.500 Satuan Pengukuran

Sebarkan artikel ini
Gunung Ibu Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 1.500 Satuan Pengukuran

JAKARTA – Gunung Ibu pada Halmahera Barat, Maluku Utara kembali mengalami erupsi sore ini, pukul 18.13 WIT. Pusat Vulkanologi kemudian Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan besar letusan 1.500 meter di berhadapan dengan puncak.

“Terjadi erupsi Gunung Ibu pada hari Kamis, 09 Mei 2024, pukul 18:13 WIT. Tinggi kolom letusan teramati ± 1.500 meter ke menghadapi puncak (± 2.825 meter dalam berhadapan dengan permukaan laut),” ungkap Petugas Pos Gunung Api, M. Richard Chaniago di keterangannya, Kamis (9/5/2024).

Richard mengungkapkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 28 mm kemudian durasi 411 detik.

Sementara itu, Richard mengajukan permohonan agar penduduk di sekitar Gunung Ibu dan juga pengunjung atau wisatawan agar tak beraktivitas di dalam pada radius 2,0 km juga perluasan sektoral berjarak 3,5 km ke arah bukaan kawah di dalam bagian utara dari kawah berpartisipasi Gunung Ibu.

“Jika muncul hujan abu, komunitas yang dimaksud beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) lalu kacamata,” imbaunya.

Artikel ini disadur dari Gunung Ibu Erupsi, Tinggi Letusan Mencapai 1.500 Meter