Internasional

Dubes Achmad resmi mengungkap Tanah Air Halal Expo 2024 ke Brunei

15
×

Dubes Achmad resmi mengungkap Tanah Air Halal Expo 2024 ke Brunei

Sebarkan artikel ini
Dubes Achmad resmi mengungkap Tanah Air Halal Expo 2024 ke Brunei

Ibukota Indonesia – Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah resmi membuka Pameran Sistem Halal Indonesia (Indonesia Halal Expo) 2024 yang mana berlangsung di dalam International Convention Center (ICC) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darrusalam pada Rabu.

Sebagai bentuk dukungan untuk UMKM dan juga bidang halal Indonesia, KBRI Bandar Seri Begawan mengatur Negara Indonesia Halal Expo 2024 dengan mendatangkan 20 kontestan dari Indonesia.

Yang Mulia Pengiran Mohammad Amirrizal bin Pengiran Haji Mahmud, Setiausaha Tetap Kementerian Kebudayaan, Pemuda serta Olahraga Brunei Darussalam, berubah menjadi Tamu Kehormatan di acara tersebut.

“Saya berharap tahun ini Nusantara dan juga Brunei dapat memulihkan tren peningkatan perdagangan bilateral, khususnya pasca Expo ini," kata Dubes Achmad pada siaran pers KBRI Bandar Seri Begawan ke Jakarta, Rabu.

Dubes Achmad berharap agar Halal Expo dapat membangkitkan minat para pemodal Brunei untuk berinvestasi pada bidang halal di dalam Indonesia juga wisatawan Brunei mendapatkan lebih besar sejumlah informasi mengenai destinasi ramah muslim di Indonesia.

Pada acara Halal Expo itu dipamerkan beragam hasil seperti makanan lalu minuman, obat-obatan, kosmetik, pakaian muslim serta destinasi wisata ramah muslim di Indonesia.

Asosiasi pelaku bisnis Indonesia di dalam Brunei (Indonesia Business Chamber/IBC) lalu organisasi kemasyarakatan Persatuan Komunitas Negara Indonesia pada Brunei Darussalam (PERMAI) turut berpartisipasi di pameran tersebut.

Menurut pernyataan, peluang bidang halal Tanah Air diperkirakan bernilai sekitar 400 miliar dolar Brunei (sekitar Rp4,8 triliun).

Pada 2023 Negara Indonesia menempati tempat ke-3 Ranking Indikator Perekonomian Islam Global dan juga pada sektor makanan halal, Tanah Air menduduki tempat ke-2.

Menurut data dari KBRI, besar perdagangan bilateral Indonesi dan juga Brunei pada 2019-2022 terus meningkat, dari 133,7 jt dolar Amerika Serikat (sekitar Rp2,1 triliun) berubah menjadi 897,3 jt dolar Amerika Serikat (sekitar Rp14,7 triliun), sebelum bilangan bulat yang dimaksud mengalami penurunan pada tahun lalu.

Artikel ini disadur dari Dubes Achmad resmi buka Indonesia Halal Expo 2024 di Brunei