Internasional

Disambar Rudal Rusia, Tower TV 240 Satuan Pengukuran tanah Ukraina Patah Jadi Dua

20
×

Disambar Rudal Rusia, Tower TV 240 Satuan Pengukuran tanah Ukraina Patah Jadi Dua

Sebarkan artikel ini
Disambar Rudal Rusia, Tower TV 240 Satuan Pengukuran tanah negara Ukraina Patah Jadi Dua

KHARKIV – Tower atau menara televisi (TV) setinggi 240 meter pada kota Kharkiv, Ukraina, patah berubah jadi dua dan juga runtuh pada hari Senin. Menurut pejabat setempat, menara itu runtuh setelahnya disambar rudal Rusia.

Sinyal penyiaran telah lama terganggu pada kota terbesar kedua di dalam Ukraina, yang mana sudah pernah dihantam oleh serangan rudal juga drone Rusia pada beberapa pekan terakhir.

“Saat ini ada gangguan jiwa pada sinyal televisi digital,” kata Pengelola Kharkiv Oleh Syniehubov, seperti diambil Reuters, Selasa (23/4/2024).

Menurutnya, tak ada korban jiwa pada serangan yang dimaksud oleh sebab itu para pekerja berada di tempat penampungan.

Rekaman video dari lokasi kejadian menunjukkan tiang utama menara putus dan juga runtuh ketika kepulan asap membubung ke langit.

Menurut Kejaksaan Kharkiv, Rusia kemungkinan menggunakan rudal jelajah Kh-59 di serangan tersebut.

Rekaman video yang disebutkan menguatkan video dari sudut lain yang tersebut menunjukkan momen yang mana mirip ketika puncak menara TV runtuh.

Rusia pertama kali menyerang menara televisi Kharkiv beberapa kali pada awal Maret 2022 segera setelahnya Rusia melancarkan invasi besar-besaran. Sinyalnya terganggu ketika itu.

Moskow baru-baru ini meningkatkan serangannya, sementara tanah Ukraina kekurangan kemampuan pertahanan udara. Kharkiv juga wilayah sekitarnya telah lama mengalami serangan paling hebat di beberapa pekan terakhir.

Artikel ini disadur dari Disambar Rudal Rusia, Tower TV 240 Meter Ukraina Patah Jadi Dua