Berita

Besok MK Bocorkan Komposisi Hakim Tangani Sengketa Pileg 2024

12
×

Besok MK Bocorkan Komposisi Hakim Tangani Sengketa Pileg 2024

Sebarkan artikel ini
Besok MK Bocorkan Komposisi Hakim Tangani Sengketa Pileg 2024

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) akan membuka tiga panel pada persidangan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2024. Namun hingga kini, belum diketahui komposisi hakim di setiap-tiap panel tersebut.

Juru Bicara MK Fajar Laksono mengungkapkan, meskipun sudah ada mengetahui hakim mana yang mana akan ditetapkan dalam panel A, B, atau C, namun dirinya belum diminta untuk mempublikasikan hal yang dimaksud terhadap publik. “Sudah ditetapkan hari ini. Tapi saya belum diminta untuk menyampaikan,” kata Fajar untuk wartawan di dalam Gedung MK, Ibukota Indonesia Pusat, hari terakhir pekan (26/4/2024).

Dia juga menjelaskan, kalau setiap panel nantinya akan ada ketua hakim. Dia mengatakan, perihal komposisi hakim akan diberitahukan pada esok hari.

“Sudah (ada ketetapan ketua setiap panel). Tapi saya diminta tahan dulu ya, Mas, tahan sejenak untuk bahan, Mas. Besok baru diinfokan,” sambungnya.

Diketahui sebanyak 279 gugatan akan diadili MK nantinya. Sidang pendahuluan dengan program mendengarkan pokok permohonan akan berlangsung selama empat hari, dimulai dari Senin, 29 April 2024.

Berikut tahapan sidang sengketa pileg

1. Pemeriksaan pendahuluan (29 April – 3 Mei)

2. Penyerahan jawaban termohon, penjelasan pihak terkait, kemudian pemberi pernyataan (3-13 Mei)

3. Pemeriksaan persidangan (6-15 Mei)

Artikel ini disadur dari Besok MK Bocorkan Komposisi Hakim Tangani Sengketa Pileg 2024