Internasional

Belanda Resmikan Kabinet Baru dengan 16 Menteri

11
×

Belanda Resmikan Kabinet Baru dengan 16 Menteri

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Belanda meresmikan kabinet pemerintahan baru pada Selasa, 2 Juli 2024. Pemerintahan Pertama Menteri Dick Schoof dilantik di dalam Istana Huis ten Bosch, diisi oleh koalisi Partai Kebebasan (PVV), Partai Kebebasan juga Demokrasi Rakyat (VVD), Kontrak Sosial Baru (NSC) juga GerakanPetaniSipil (BBB). 

Raja Belanda Willem-Alexander melantik kabinet baru ini, menandakan pergantian dari Utama Menteri Mark Rutte yang tersebut sudah mengatur Belanda periode 2010-2024. Rutte diangkat sebagai sekretaris jenderal terbaru NATO pada Rabu, 26 Juni 2024, dalam berada dalam invasi Rusia di negara Ukraina kemudian ketidakpastian loyalitas Amerika Serikat jikalau Donald Trump kembali terpilih.

Pemerintah Schoof menyebabkan janji akan menerapkan batasan baru yang dimaksud ketat terhadap imigrasi, lebih besar dari tujuh bulan setelahnya partai sayap kanan anti-Islam PVV mendominasi pemilihan umum. Meskipun sebagian besar kebijakannya tampak berorientasi ke di negeri, pemerintah baru Belanda berjanji untuk mempertahankan dukungan bagi Ukraina.

Schoof, manusia pegawai negeri sipil, berubah menjadi perdana menteri Belanda terbaru di hampir 14 tahun ke belakang. Mengutip Dutch News, ia pernah menjabat selama lima tahun sebagai kepala unit kontraterorisme kemudian dua tahun sebagai direktur jenderal di dalam badan intelijen Belanda. Selama empat tahun terakhir, ia mengatur regu pegawai negeri ke kementerian kehakiman.

Ia seseorang nonpartisan, walaupun pernah mengungkap pada konferensi pers pertamanya ia sempat berubah jadi anggota Partai Buruh (PvdA) hingga 2021. Kabinet baru yang dikepalai Schoof terdiri dari 16 menteri dan juga 13 sekretaris negara. Para pejabat datang dari beraneka latar belakang, diantaranya diplomat, hakim, perwira militer, tokoh media serta pebisnis.

Menurut website pemerintah Belanda, PVV akan menyediakan 5 menteri dan juga 4 sekretaris negara. VVD akan mengutus 4 menteri serta 3 sekretaris negara. NSC akan menyumbang 4 menteri kemudian 3 sekretaris negara. Sementara, BBB akan menyediakan 2 menteri dan juga 3 sekretaris negara.

Teun Struycken akan berubah menjadi sekretaris negara untuk NSC, tetapi tidak anggota partai tersebut. Sama seperti Schoof, ia juga tidak ada miliki afiliasi partai. Dalam kabinet ini akan ada tiga kementerian yang tersebut baru dibentuk, yaitu Kementerian Suaka lalu Migrasi, Kementerian Kebijakan Iklim dan juga Pertumbuhan Hijau, juga Kementerian Perumahan kemudian Tata Ruang.

Dua kementerian yang ada akan mengalami pembaharuan nama: Kementerian Pertanian, Alam dan juga Mutu Pangan akan menjadi Kementerian Pertanian, Perikanan, Ketahanan Pangan kemudian Alam. Sementara itu, Kementerian Perekonomian dan juga Kebijakan Iklim akan berubah menjadi Kementerian Perekonomian. Pemerintahan baru akan mempunyai satu menteri tanpa portofolio, artinya menteri yang dimaksud tidak ada akan memiliki kepemimpinan kebijakan pemerintah pada suatu kementerian. Ini adalah akan berubah menjadi Menteri Perdagangan Luar Negeri dan juga Pembangunan.

 

ABC NEWS | DUTCH NEWS

Pilihan editor: Mantan Kepala Mata-mata Dilantik Sebagai PM Belanda, Pernah Pimpin Penyelidikan MH17

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini

Artikel ini disadur dari Belanda Resmikan Kabinet Baru dengan 16 Menteri