Internasional

Bagaimana Hubungan Yordania juga Iran? Keduanya Punya Relasi Sejarah yang tersebut Rumit

20
×

Bagaimana Hubungan Yordania juga Iran? Keduanya Punya Relasi Sejarah yang tersebut Rumit

Sebarkan artikel ini
Bagaimana Hubungan Yordania juga Iran? Keduanya Punya Relasi Sejarah yang yang dimaksud Rumit

AMMAN – Hubungan Yordania serta Iran ketika ini berada dalam berbagai disorot, setelahnya aksi militer Yordania menghalau rudal Iran yang dimaksud dirilis untuk menyerang Israel. Jika ditinjau kembali dari sejarah, kedua negara ini memang sebenarnya memiliki hubungan yang dimaksud cukup rumit.

Sejak serangan Iran ke negara Israel pada 13 April 2024, Yordania berada pada kedudukan yang tersebut kurang menguntungkan dikarenakan telah terjadi bermetamorfosis menjadi salah satu sekutu terbaik Negara Yahudi.

Padahal negara ini adalah yang mana paling vokal mengkritisi tindakan tanah Israel ke Jalur Daerah Gaza pada Oktober 2023 lalu.

Namun pihak Yordania dengan tegas membantah melakukan intervensi untuk memperkuat negeri Israel serta mengutarakan hal itu dijalankan untuk melindungi diri mereka sendiri. Argumen-argumen ini dimaksudkan untuk meredakan kemarahan warga yang memusuhi Israel.

Terlepas dari banyaknya pendukung Palestina yang tersebut memusuhi Yordania, sebenarnya mulai berbagai juga warga yang penasaran tentang hubungan negara kerajaan yang disebutkan dengan Iran.

Hubungan Yordania kemudian Iran

Jika dilihat dari sejarahnya, sebenarnya Yordania kemudian Iran sempat menjalin hubungan baik sebagai negara yang dimaksud mempunyai latar belakang sebanding yakni bekas wilayah kekuasaan Persia.

Baik Yordania kemudian Iran yang digunakan berada di dalam bawah Dinasti Pahlevi sama-sama berorientasi pada Barat kemudian memusuhi komunisme.

Pada tahun 1950-an, Raja Hussein dari Yordania meresmikan kedutaan Yordania di Teheran, serta secara resmi menjalin hubungan dengan Iran.

Namun terkadang hubungan yang disebutkan tegang sebab Iran di dalam bawah dinasti Pahlevi miliki hubungan resmi dengan Israel, sedangkan Yordania tidak.

Sayangnya hubungan harmonis itu berujung buruk pasca Revolusi Iran pecah dalam tahun 1979. Hal ini menciptakan Yordania, bersatu dengan sebagian besar negara-negara Arab ke Teluk Persia, segera menyokong Saddam Hussein (Tokoh Revolusioner Irak) pada Perang Iran-Irak tahun 1980-an.

Artikel ini disadur dari Bagaimana Hubungan Yordania dan Iran? Keduanya Punya Relasi Sejarah yang Rumit