Internasional

Negeri Paman Sam Diam-diam Kerahkan Rudal Maju ATACMS ke tanah Ukraina untuk Melawan Rusia

20
×

Negeri Paman Sam Diam-diam Kerahkan Rudal Maju ATACMS ke tanah Ukraina untuk Melawan Rusia

Sebarkan artikel ini
Negeri Paman Sam Diam-diam Kerahkan Rudal Maju ATACMS ke tanah negeri Ukraina untuk Melawan Rusia

WASHINGTON – Amerika Serikat (AS) diam-diam sudah mengerahkan rudal canggih ATACMS pada jumlah agregat yang tiada ditentukan ke tanah Ukraina bulan sesudah itu untuk membantu Kyiv pada perangnya berjuang melawan Rusia.

Hal itu diungkap beberapa media Amerika pada hari Rabu (24/4/2024), mengutip individu pejabat pemerintah Washington yang tidaklah disebutkan namanya.

Army Tactical Missile Systems (ATACMS), dengan jangkauan hingga 300 kilometer, diantaranya di paket bantuan militer senilai USD300 jt yang tersebut disetujui oleh Presiden Negeri Paman Sam Joe Biden pada 12 Maret 2024, menurut pejabat tersebut, yang mana berbicara dengan Reuters, Politico, kemudian New York Times.

Berbicara tanpa mau disebutkan namanya, sumber yang dimaksud memaparkan bahwa negara Ukraina menggunakan rudal yang dimaksud untuk pertama kalinya pada Rabu pekan lalu, memiliki target lapangan terbang Rusia sekitar 165 kilometer (103 mil) dari garis depan.

Pada pagi hari tanggal 17 April, Presiden tanah Ukraina Volodymyr Zelensky mengemukakan pasukannya sudah pernah menyerang pangkalan udara ke Dzhankoy, Crimea. Kementerian Defense Rusia belum mengomentari klaim tersebut.

Zelensky telah terjadi lama menginginkan rudal jarak jauh. Menurut pejabat anonim yang tersebut diambil pada laporan Reuters, Pentagon pada awalnya menentang, namun berubah pikiran setelahnya Rusia menggunakan rudal balistik yang dimaksud diduga dipasok oleh Korea Utara juga mulai berusaha mencapai infrastruktur energi Ukraina.

“Kami mengingatkan Rusia tentang hal-hal itu,” kata pejabat tersebut. “Mereka memperbarui penargetan mereka.”

Menurut pejabat tersebut, Biden disarankan untuk mengirim rudal jarak sangat oleh Penasihat Security Nasional Jake Sullivan, Menteri Defense Lloyd Austin, Menteri Luar Negeri Antony Blinken, dan juga Ketua Kepala Staf Gabungan Charles Q Brown.

Laporan media-media Amerika Serikat menyebutkan ATACMS diperoleh dari Lockheed Martin, tidak dari persediaan Pentagon, serta dibayar dengan “tabungan” yang digunakan diketahui pada bulan Maret, pada saat beberapa kontrak militer dilaporkan dikirimkan dengan tarif kurang dari nilai penawaran awal.

Artikel ini disadur dari AS Diam-diam Kerahkan Rudal Canggih ATACMS ke Ukraina untuk Melawan Rusia