Ekonomi Bisnis

Tiga Bagian PSN pada Sumatera Selatan Jadi Prioritas: Tol, Pelabuhan, lalu Kereta Api

30
×

Tiga Bagian PSN pada Sumatera Selatan Jadi Prioritas: Tol, Pelabuhan, lalu Kereta Api

Sebarkan artikel ini

Palembang – Staf Khusus Lingkup Percepatan Pembangunan Wilayah, Pembangunan Infrastruktur serta Pengembangan Usaha Kementerian Koordinator Area Perekonomian Wahyu Utomo menyebutkan tiga sektor Proyek Penting Nasional (PSN) ke Sumatera Selatan (Sumsel) berubah menjadi prioritas.

“Kalau saya lihat ada tiga sektor PSN yang dimaksud penting, yaitu jalan tol, pelabuhan, lalu perkeretaapian. Itu menjadi utama oleh sebab itu ini juga berkaitan untuk logistik,” kata Wahyu ketika diwawancarai di Palembang, Kamis.

Ia menjelaskan untuk sektor jalan tol diupayakan percepatan dan juga juga akan direview beberapa ruas jalan tol untuk dibuka kembali.

Kemudian, sektor kereta api juga penting sebab mengangkut batu bara menggunakan jalan darat ataupun laut trafiknya cukup tinggi dan juga memiliki daya rusak ke jalan cukup besar. Sehingga, kereta api ini salah satunya jadi solusi.

“Memang kereta api tak mengganggu perlintasan sebidang itu harus dibangun beberapa jembatan, berkaitan dengan ini harus dipermudah kemudian pada 2027 sudah ada selesai,” katanya.

Lalu, untuk pelabuhan, ketika ini pelabuhan pengangkutan barang pada Sumsel adalah pelabuhan Boom Baru. Namun, pelabuhan adalah pelabuhan sungai ada batasannya mulai dari sedimentasi, total kapal yang masuk lalu lain-lainnya.

“Jadi kami berpikiran seharusnya dibutuhkan pelabuhan laut seperti yang dimaksud ada di dalam Tanjung Carat. Sehingga, kami juga mengupayakan perkembangan Pelabuhan Tanjung Carat dapat direalisasikan,” kata Wahyu

Berdasarkan data Kemenko Perekonomian terdapat sejumlah 15 PSN pada Sumsel, yaitu Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung, Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi, Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim, Jalan Tol Lubuklinggau-Curup-Bengkulun, Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat atau Palembang New Port, lalu KAKertapati-Lahat.

Kemudian, pengembangan LRT Sumsel, Kawasan Industri Tanjung Enim, Bendungan Tiga Dihaji, pembangunan jaringan irigasi pada Lematang, penyelenggaraan jaringan irigasi pada Komering, upgrading kilang-kilang eksisting/Reginery Development Masterplan (RDMP). RDMP RU III Plaju, Pembangunan substansi bakar hijau (Green Refinery RU III Plaju), Gasifikasi batu bara di dalam Muara Enim, juga PSEL di dalam Pusat Kota Palembang.

ANTARA

Artikel ini disadur dari Tiga Sektor PSN di Sumatera Selatan Jadi Prioritas: Tol, Pelabuhan, dan Kereta Api