Lifestyle

Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang dimaksud Benar Memakai Sunscreen

37
×

Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang dimaksud Benar Memakai Sunscreen

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Paparan sinar matahari dapat berpotensi merusak kulit. Pemakaian sunscreen berubah jadi langkah penting pada menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Berikut adalah tips memakai sunscreen yang digunakan benar.

Bolehkah Dipakai Setelah Cuci Muka?

Bagi kebanyakan orang, langkah perawatan epidermis pagi hari melibatkan pembersihan, toner, serta pelembap. Pertanyaannya, apakah sunscreen mampu digunakan pasca mencuci muka?

Dilansir dari My Glamm, sunscreen sebaiknya diaplikasikan pasca langkah-langkah dasar perawatan lapisan kulit tersebut. Jadi, pasca membersihkan wajah, menggunakan toner, lalu melembapkan kulit, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan sunscreen.

Perlu diingat bahwa sunscreen wajib diaplikasikan pada lapisan kulit setidaknya 15 hingga 20 menit sebelum meninggalkan ruangan agar sunscreen dapat bekerja optimal.

Perbedaan Pemakaian Physical lalu Chemical Sunscreen

Terdapat dua tipe sunscreen, yakni sunscreen kimia (chemical) dan juga sunscreen fisik (physical). Fungsi keduanya sama-sama melindungi epidermis dari paparan sinar UV. Namun ada perbedaan pada cara penggunaannya.

Dikutip dari Watson, sunscreen kimia sebaiknya diaplikasikan sebelum pelembap. Sunscreen kimia bekerja dengan mengangkat sinar ultraviolet dari matahari kemudian mengubahnya bermetamorfosis menjadi panas yang mana kemudian dilepaskan.

Aktivasi sunscreen kimia membutuhkan waktu 20 sampai 30 menit sebelum terpapar sinar matahari agar memberikan proteksi optimal. Karena itu, disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen kimia dengan segera pada lapisan kulit tanpa lapisan pelembap tebal agar unsur aktifnya dapat meresap ke di lapisan kulit dengan baik.

Sebaliknya, sunscreen fisik yang mengandung titanium dioksida atau zinc oksida dapat diaplikasikan pasca pengaplikasian pelembap lalu produk-produk perawatan dermis lainnya. Sunscreen fisik bekerja sebagai penghalang fisik yang digunakan berada pada menghadapi lapisan kulit untuk memantulkan sinar UV.

Dalam hal ini, sunscreen fisik dapat diterapkan sebagai lapisan terakhir untuk menciptakan penghalang fisik juga melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

Reapply Sunscreen

Selain pemakaian sebelum pergi dari ruangan, reaplikasi sunscreen sangat penting, teristimewa apabila dermis terpapar sinar matahari pada waktu yang lama.

Sebaiknya pemakaian sunscreen diulang setiap 30 hingga 60 menit untuk melindungi daya tahan lapisan kulit sehingga kehancuran akibat matahari, seperti dermis menghitam atau penuaan dini, dapat dihindari. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 25 jikalau berada pada pada ruangan, dan juga minimal SPF 50 jikalau berada dalam luar ruangan.

Sunscreen dapat diulang bahkan di melawan makeup , lalu cara praktis untuk melakukannya adalah dengan menggunakan sunscreen pada bentuk semprotan. Sunscreen semprot ini tidaklah cuma enteng diaplikasikan kembali dalam berhadapan dengan makeup, tetapi juga tidak ada mengacaukan dasar makeup.

Artikel ini disadur dari Jangan Asal Pakai, Begini Cara yang Benar Memakai Sunscreen