Internasional

Dubes Ridwan: Idul Adha kesempatan belajar mengendalikan diri

27
×

Dubes Ridwan: Idul Adha kesempatan belajar mengendalikan diri

Sebarkan artikel ini
Dubes Ridwan: Idul Adha kesempatan belajar mengendalikan diri

Ibukota Indonesia – Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan menyatakan ibadah Idul Adha, khususnya syariat untuk menyembelih hewan kurban, adalah peluang yang digunakan tepat untuk umat Muslim belajar mengendalikan diri.

Pernyataan itu ia komunikasikan pada acara silaturahim masyarakat Indonesi ke Qatar, yang didahului shalat Idul Adha 1445 H di sekolah milik pemerintah, Tariq bin Ziyad School, ke Ibu Pusat Kota Doha, Mingguan (16/6).

"Dengan kita menyembelih hewan kurban, semoga kita juga dapat menyembelih sifat-sifat kebinatangan di diri kita" ujar Dubes Ridwan pada penjelasan ditulis KBRI Doha.

Lebih dari 700 jamaah yang dimaksud terdiri dari para WNI dan juga penduduk dari berubah-ubah kebangsaan terlibat memadati area sekolah sejak pukul 05.00 waktu setempat untuk menunaikan shalat Idul Adha.

Sementara itu Ustadz Syukron Khabibi, yang dimaksud berlaku sebagai khatib, menyampaikan pentingnya keikhlasan pada menjalankan setiap kewajiban yang digunakan disyariatkan Allah SWT.

"Kisah Ibrahim alaihisalam memberi ilustrasi jelas tentang pentingnya sifat ikhlas ini meresap pada setiap diri kita,” kata Ustadz Syukron, individu warga negara yang tinggal di luar negeri Indonesi yang tersebut telah belasan tahun menetap di dalam Qatar.

Untuk kedua kalinya pasca pandemi COVID-19, Idul Adha komunitas Indonesi dilakukan ke area sekolah milik pemerintah Qatar.

"Tidak simpel menggunakan prasarana milik pemerintah pada sini. Tetapi untuk komunitas Tanah Air diberi kemudahan. Sekali lagi ini membuktikan eratnya hubungan yang dijalin oleh KBRI dengan pemerintah Qatar,” kata penanggungjawab kegiatan shalat Idul Adha KBRI Doha, Ali Murtado.

Selain KBRI Doha, penyelenggaraan kegiatan Idul Adha di dalam Qatar didukung juga oleh berubah-ubah elemen rakyat Indonesi di dalam Qatar seperti Indoneian Muslim Society in Qatar (IMSQA), PCINU Qatar, Kajian Madani, Persatuan Komunitas Nusantara ke Qatar (PERMIQA), Insan Qurani Inklusif Cendikia (IQIC) Qatar, juga lainnya.

Artikel ini disadur dari Dubes Ridwan: Idul Adha momentum belajar mengendalikan diri