Lifestyle

Lima resep olahan daging sapi dan juga kambing untuk sambut Idul Adha

30
×

Lima resep olahan daging sapi dan juga kambing untuk sambut Idul Adha

Sebarkan artikel ini
Lima resep olahan daging sapi dan juga juga kambing untuk sambut Idul Adha

Ibukota –

Perayaan Idul Adha biasanya diiringi dengan hidangan daging sapi atau kambing yang tersebut diperoleh dari hasil berkurban.

Tokopedia dan juga ShopTokopedia bersatu Presiden Islamic Chef and Culinary of Indonesia Chef Adie Miartadi, di pernyataan pers yang digunakan diterima, Senin, membagi lima resep hidangan olahan daging untuk dikreasikan ketika Idul Adha.

1. Spageti Bakar dengan Daging Sambal Matah

 

Tren fusion food yang tersebut menggabungkan antara dua resep menjadi satu masakan yang tersebut unik, mampu dijadikan ide menu baru untuk suasana Idul Adha. Salah satu ide fusion food yang digunakan bisa saja diterapkan yaitu spageti yang tersebut menggunakan potongan daging sapi atau kambing. Untuk memberikan cita rasa yang tambahan segar lalu pedas, tambahkan sambal matah dalam menghadapi spageti, ujar Chef Adie dengan Tokopedia lalu ShopTokopedia.

“Agar daging cepat empuk tanpa mengubah cita rasa, langkah sanggup dengan memotong daging pada potongan kecil, baluri dengan garam dan juga lada, kemudian remas-remas hingga sari daging pergi dari ke celah-celah jari, lalu diamkan sekitar 20 menit sebelum diolah berubah menjadi menu masakan,” jelas Chef Adie.

2. Sate Kambing Plecing

Masih di tren fusion food, kali ini masih mengolah menu klasik yang dibakar yaitu sate, namun dengan bumbu yang berbeda dari biasanya.

Awali dengan memilih bagian daging yang dimaksud empuk seperti has dalam, kemudian memproses daging hingga empuk dengan cara meremas-remasnya, kemudian untuk pembuatan sate buat potongan daging di bentuk kotak-kotak.

“Setelah langkah-langkah pengempukan daging selesai, sebaiknya daging tidak ada dimasak terlalu lama agar tekstur daging tetap empuk. Bumbu plecing khas Lombok dengan rasa pedas yang mana nikmat memproduksi menu sate ini lain dari biasanya,” saran Chef Adie.

Bumbu atau sambal plecing juga bisa jadi didapatkan dengan enteng lewat Tokopedia, khususnya dalam bagian Bumbu juga Bahan Masakan. Tokopedia pun mencatatkan komoditas Bumbu juga Bahan Masakan adalah salah satu subkategori barang yang digunakan paling laris sepanjang Juni 2023, termasuk jelang serta ketika hari Idul Adha 2023 lalu.

 

3. Daging Panggang Bumbu Rawon

Walau daging panggang atau steak cenderung dikenal sebagai resep olahan daging ala barat, namun dengan diperkenalkan bumbu rawon sebagai sausnya, maka menu ini berubah menjadi salah satu ide olahan daging khas Nusantara yang unik.

“Untuk melindungi keseimbangan nutrisi, tambahkan beberapa jenis sayuran seperti brokoli, wortel, buncis, bayam, lettuce, juga kangkung. Dalam satu menu masakan daging, harus diimbangi dengan sayuran yang diproses baik dikukus atau direbus,” jelas Chef Adie.

4. Tumis Daging

Praktis lalu legit, beragam olahan resep daging yang tersebut ditumis tak membutuhkan waktu lama, mulai dari persiapan hingga rute masaknya. Menurut Chef Adie, kunci agar lebih lanjut nikmat dan juga dapat menetralisir lemak darah dari daging adalah dengan menambahkan bawang bombai pada masakan.

Mengolah masakan tumisan sebaiknya tak terlalu lama, cukup diproses masak sekitar 5 menit saja.

 

“Tokopedia pun mencatatkan beberapa jenis daging sapi yang paling laris sepanjang Juni 2023, diantaranya jelang dan juga pada waktu Idul Adha 2023 lalu, antara lain daging iris, daging brisket atau sandung lamur, daging shortplate atau sancan depan, daging rawon hingga daging giling,” ucapnya.

5. Sop Iga Asam Pedas

Sop iga asam pedas mengandalkan metode memasak daging pada kuah mendidih (boiling), sehingga sanggup menggugah selera. Menu asam pedas menimbulkan rasa pada daging sapi atau kambing menjadi lebih tinggi segar. Untuk iga kambing dapat dimasak pada bumbu rempah pedas.

“Jika ingin menyimpan daging kurban agar masih segar serta tahan lama, daging dapat disimpan pada status mentah atau setengah matang. Untuk menyimpan daging mentah, gunakan kantong plastik vakum berlabel 'BPA-free' kemudian simpan ke freezer dengan suhu -18 derajat celcius sehingga mampu bertahan hingga 6 bulan," ujarnya,

Namun apabila disimpan di di kulkas maka daging yang dimaksud hanya saja bertahan 3-4 hari. Untuk menyimpan daging setengah matang, artinya telah dimarinasi maka bisa jadi disimpan di pada freezer kemudian bisa jadi bertahan hingga 3 bulan, ujar Chef Adie.

Jelang Idul Adha permintaan daging juga meningkat lebih banyak dari 2 kali lipat di dalam Tokopedia dan juga ShopTokopedia dibandingkan tahun 2023 lalu.

“Permintaan warga terhadap daging jelang serta pada waktu Idul Adha 2023 kemudian melonjak signifikan. Informasi internal Tokopedia mencatat pemasaran daging sapi melonjak lebih tinggi dari 2 kali lipat jelang serta pada waktu Idul Adha 2023 dibandingkan dengan minggu ke-4 pada Mei 2023 lalu,” ucap Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Selain mempermudah warga lewat kampanye Toserba, Tokopedia juga memiliki fasilitas Qurban untuk memberikan kemudahan berkurban secara online yang mana praktis, ekonomis lalu amanah.

Tokopedia pun melibatkan berubah-ubah lembaga kemanusiaan tepercaya untuk menjalankan kurban, mulai dari BAZNAS, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim, PKPU Human Initiative, Inisiatif Zakat Tanah Air (IZI), NU CARE-LAZISNU, Palmyra Internasional dan juga Bank Qurban.

 

 

Artikel ini disadur dari Lima resep olahan daging sapi dan kambing untuk sambut Idul Adha