Internasional

5 Pemberontak Maois Tewas Ditembak Polisi India

11
×

5 Pemberontak Maois Tewas Ditembak Polisi India

Sebarkan artikel ini
5 Pemberontak Maois Tewas Ditembak Polisi India

Raipur

Pasukan keamanan India menembak meninggal lima pemberontak Maois. Kejadian ini berubah menjadi bentrokan terbaru pada konflik yang telah terjadi berlangsung selama beberapa dekade.

Dilansir AFP, Rabu (3/7/2024), baku tembak terjadi dalam negara bagian Chhattisgarh, tempat para pemberontak yang dimaksud dikenal sebagai Naxalite, melancarkan serangan gerilya sejak tahun 1967.

India sudah pernah mengerahkan puluhan ribu personel keamanan untuk memerangi pemberontak Maois ke “Koridor Merah” yang digunakan didominasi pemberontak, yang dimaksud membentang ke negara bagian tengah, selatan kemudian timur.

Perwira polisi senior P. Sunderraj mengatakan personel melancarkan serangan terhadap tempat persembunyian para pemberontak di hutan lebat Kohkameta pada distrik Narayanpur.

“Setidaknya lima Maois ditembak mati pada bentrokan itu… beberapa Maois juga terluka,” kata Sunderraj, seraya menambahkan tak ada penderita luka ke antara polisi.

ADVERTISEMENT

Operasi pemberontak telah terjadi menyusut ekstrem selama dekade terakhir.

India juga telah terjadi menggelontorkan jutaan dolar untuk penyelenggaraan infrastruktur dalam daerah-daerah terpencil serta mengklaim sudah membatasi pemberontakan di dalam 45 distrik pada tahun 2023, turun dari 96 distrik pada tahun 2010.

(fas/fas)

Artikel ini disadur dari 5 Pemberontak Maois Tewas Ditembak Polisi India