Berita

15 Kejadian Bencana Melanda Wilayah Indonesia Setiap Hari dalam 2023

16
×

15 Kejadian Bencana Melanda Wilayah Indonesia Setiap Hari dalam 2023

Sebarkan artikel ini
15 Kejadian Bencana Melanda Wilayah Negara Indonesia Setiap Hari di 2023

JAKARTA – Menteri Koordinator Area Pembangunan Manusia lalu Kebudayaan (Menko PMK) , Muhadjir Effendy mengungkapkan sebanyak 5.400 kejadian bencana melanda wilayah Indonesia selama tahun 2023. Artinya, setiap hari ada 15 kali kejadian bencana yang tersebut melanda ke tahun itu.

“Kalau secara nasional tahun 2023 itu ada 5.400 (bencana) seperti yang digunakan sudah pernah disinggung oleh Bapak Kepala BNPB berarti hitungan partisipasi bencana Sumatera Barat ini 10,18 persen. Berarti atau setiap 1,5 hari itu terjadi satu bencana pada sini. Untuk nasional itu 15 kali sehari,” ujar Menko PMK dalam Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2024, hari terakhir pekan (26/4/2024).

Sementara itu, kali ini Sumatera Barat berubah jadi tuan rumah Puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana. Menko PMK mengutarakan hal ini sekaligus memberikan peringatan keras bahwa Sumatera Barat menjadi Provinsi dengan kejadian bencana terbanyak sepanjang tahun, nomor dua pasca Jawa Barat.

“Jadi Sumatera Barat ini layak dinobatkan berubah menjadi provinsi paling berbencana nasional setelahnya Jawa Barat, nomor 2 pasca Jawa Barat,” jelasnya.

Karena itu, Muhadjir memaparkan dengan fenomena itu maka tidak ada ada pilihan lain bagi pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, unsur TNI Polri, lalu kekuatan-kekuatan warga yang lain harus betul-betul menganggap namanya bencana itu tidak urusan sembarangan.

“Bencana harus betul-betul menjadi perhatian yang tersebut sungguh-sungguh, baik oleh pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten kota, maupun penduduk tentang betapa bahayanya risiko bencana ke Sumatera Barat ini kalau tidaklah ditangani dengan sungguh-sungguh,” paparnya.

Oleh sebab itu, kata Muhadjir, puncak hari kesiapsiagaan ini adalah sebagai warning sebagai peringatan tegas untuk seluruh warga khususnya Sumatera Barat untuk betul-betul menjadikan penanggulangan bencana, pencegahan bencana, juga pengurangan risiko bencana.

“Di di sini adalah harus menjadi kegiatan tidak semata-mata prioritas tapi harus berubah menjadi acara super prioritas dikarenakan itu seluruh kekuatan harus betul-betul difokuskan untuk pencegahan risiko bencana pada Sumatera Barat ini, mulai dari anggaran ke APBD, provinsi, kabupaten kota, kemudian kurikulum di institusi belajar kemudian juga pembudayaan, sadar bencana di dalam tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari 15 Kejadian Bencana Melanda Wilayah Indonesia Setiap Hari di 2023